CONTOH KENAKALAN REMAJA


1. Kenakalan Remaja (Membolos sekolah ) dan Cara penanggulangannya
Membolos sekolah mungkin ini merupakan salahsatu budaya dalam pendidikan di bumi pertiwi ini. Sering kali kita mendapati anak - anak sekolah yang masi berseragam berkeliaran di luar sekolah pada jam sekolah. Kalau jaman dahulu mungkin hanya sebatas anak laki - laki saja yang melakukan atau melestarikan kebudayaan ini namun akhir - akhir ini tidak jarang kita temukan anak sekolah perempuan yang membolos di jam sekolah,sendiri dengan sesama teman perempuan ataupun dengan teman laki - laki. Lalu bagaimana dengan peraturan sekolahnya? apakah sekolah tidak melakukan tindakan dengan kejadian semacam ini?mungkin ada beberapa sekolahan yang menganggap hal ini adalah hal yang biasa dengan tidak memberikan sangsi terhadap anak yang membolos.namun sesungguhnya di setiap sekolahan pasti ada peraturan yang mengatur tentang sangsi bagi anak yang membolos.Tetapi peraturan ini terkadang tidak ditegakkan entah karena gurunya tidak tau atau memang karena guru tersebut sudah bosan menghukum anak yang bersangkutan. Hukuman bagi siswa yang membolos terkadang bisa menjadi pisau bermata dua yang terkadang juga bisa merepotkan guru, bagaimana tidak ? seperti yang anda ketahui belakangan ini banyak berita mengenai kekerasan guru terhadap muridnya. Menurut saya itu adalah suatuhal yang wajar karena seorang guru tentunya juga mempunyai harga diri jika peraturan yang dibuatnya dilanggar berulang ulang kali, sang guru pasti akan merasa tidak dihargai sebagai guru tentunya. Lalu apa sebenarnya tujuan para murid membolos ? inilah mungkin yang menjadi kunci permasalahnya, rata-rata murid membolos dikarenakan hal - hal sebagai berikut :
1.      Bosan dengan kegiatan sekolah
Kegiatan sekolah yang itu - itu saja terasa membosankan bagi para siswa yaitu datang,duduk,diam,mendengarkan, lalu pulang. Hal ini dilakukan setiap hari tentu akan menjadi suatuhal yang sangat membosankan.
2.      Tertarik dengan kegiatan diluar sekolah
Jiwa muda para pelajar sering menjadi alasan kenakalan remaja salah satunya membolos. Ketika seorang pelajar mengetahui ada kegiatan menarik diluar sekolah tentu siswa tersebut akan berusaha untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut dan sayangnya kegiatan diluar sekolah tersebut bukan hanya kegiatan yang bersifat positive.
3.      Ajakan teman
Ajakan teman terkadang terdengar seperti tantangan atau mungkin ejekan yang membuat seorang siswa tidak mampu menahan godaan adrenalin.
4.      Kesiangan
Ketika seseorang pelajar terlambat datang kesekolah dia akan berfikir antara dihukum karena terlambat atau dihukum karena membolos? andaikan anda seorang pelajar anda akan berfikir sama - sama dihukum tapi mending dihukum karena membolos karena sudah merasakan enjoynya membolos.
Cara menanggulangi perilaku membolos pada siswa  :
Alasan alasan diatas biasanya adalah alasan yang menjadi dasar pemikiran seorang siswa untuk membolos jadi ada baiknya seorang guru melakukan penelitian terhadap siswa-siswanya yang membolos kemudian menetapkan metode paling baik untuk mengatasi budaya membolos.
Dalam seting sekolah, guru memiliki peran penting pada perilaku siswa, termasuk perilaku membolos. Jika guru tidak memperhatikan siswanya dengan baik dan hanya berorientasi pada selesainya penyampaian materi pelajaran di kelas, peluang perilaku membolos pada siswa semakin besar karena siswa tidak merasakan menariknya pergi ke sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memperhatikan siswa sehingga mereka tertarik datang dan merasakan manfaat sekolah adalah dengan melakukan pengenalan terhadap apa yang menjadi minat tiap siswa, apa yang menyulitkan bagi mereka, serta bagaimana perkembangan mereka selama dalam proses pembelajaran. Dengan perhatian seperti itu siswa akan terdorong untuk lebih terbuka terhadap guru sehingga jika ada permasalahan, guru dapat segera membantu. Dengan suasana seperti itu siswa akan tertarik pergi ke sekolah dan perilaku membolos yang mengarah pada kenakalan remaja dapat dikurangi.


2. Kenakalan Remaja ( Tawuran di Kalangan Pelajar ) dan Cara  Penanggulangannya.
Tawuran sepertinya sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. Sehingga jika mendengar kata tawuran, sepertinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Hampir setiap minggu, berita itu menghiasi media massa. Bukan hanya tawuran antar pelajar saja yang menghiasi kolom-kolom media cetak, tetapi tawuran antar polisi dan tentara , antar polisi pamong praja dengan pedagang kaki lima, sungguh menyedihkan. Inilah fenomena yang terjadi di masyarakat kita. Tawuran antar pelajar maupun tawuran antar remaja semakin menjadi semenjak terciptanya geng-geng. Perilaku anarki selalu dipertontonkan di tengah-tengah masyarakat. Mereka itu sudah tidak merasa bahwa perbuatan itu sangat tidak terpuji dan bisa mengganggu ketenangan masyarakat. Sebaliknya mereka merasa bangga jika masyarakat itu takut dengan gengnya. Seorang pelajar seharusnya tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji seperti itu. Sering permusuhan antar sekolah dimulai dari masalah yang sangat sepele. Namun anak-anak  justru menanggapinya sebagai sebuah tantangan. Pemicu lain dendam rasa kesetiakawanan yang tinggi.
Dari aspek fisik, tawuran dapat menyababkan kematian dan luka berat bagi para siswa. Kerusakan yang parah barang atau benda orang yang tidak berslah. Sedangkan aspek mentalnya , tawuran dapat menyebabkan trauma pada para siswa yang menjadi korban, merusak mental para generasi muda, dan menurunkan kualitas pendidikan Ini semua bisa terjadi karena  :
       -   kurangnya kasih sayang orang tua.
       -  kurangnya pengawasan dari orang tua.
       -   dasar-dasar agama yang kurang .
       - masalah yang dipendam .
Cara menanggulangi tawuran di kalangan pelajar :
Setelah kita tahu akar permasalahannya , sekarang yang terpenting adalah bagaimana menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini. Pendidikan yang paling dasar dimulai dari rumah. Orang tua sendiri harus aktif menjaga emosi anak. Pola mendidik juga barangkali perlu dirubah. Orang tua seharusnya tidak mendikte anak, tetapi memberi keteladanan juga tempat curhat anak. Menghindari kekerasan dalam rumah tangga sehingga tercipta suasana rumah yang aman dan nyaman bagi tumbuh kembang si anak Menanamkan dasar-dasar agama pada proses pendidikan. Dengan agama si anak bisa membentengi dirinya sendiri dari pengaruh buruk apapun dan dari manapun. Dan pendidikan anak tidak seharusnya diserahkan sepenuhnya pada sekolah. Peranan sekolah untuk meminimalkan tawuran antar pelajar, sekolah harus menerapkan aturan tata tertib yang lebih ketat, agar siswa/i tidak seenaknya keluyuran pada jam – jam pelajaran di luar sekolah. Dari segi hukum Pemerintah harus tegas dalam menerapkan sanksi hukum. Buat efek jera pada siswa yang melakukan tawuran sehingga mereka akan berpikir seratus kali jika akan melakukan tawuran lagi.

Comments

Popular posts from this blog

APRESIASI SENI LUKIS SESUAI PRINSIP-PRINSIP SENI RUPA

MAKALAH PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP

Keunggulan dan Kelemahan Media LKS