METODE PEMBUKTIAN LANGSUNG
Banyak sifat dan teori ketika di sekolah dulu kita gunakan tanpa
tahu asal usul pembuktiannya, tapi ketika kita kuliah, sudah tidak asing lagi
dengan pembuktian sifat-sifat atau teori. Untuk membuktikannya tidak lepas dari
teknik yang digunakan. Teknik yang biasa digunakan yaitu teknik Pembukitan
Langsung, teknik Tidak Langsung dan Induksi Matematika. Disini saya
akan membahas sedikit tentang metode pembuktian langsung beserta tabel
kenbenarannya.
Pembuktian
langsung adalah salah satu cara pembuktian sifat atau teori matematika dengan
penarikan kesimpulan dengan memanfaatkan silogisme, modus ponens dan modus
tollens. Secara logika pembuktian q benar secara langsung atau ekuivalen dengan
membuktikan bahwa pernyataan q benar dimana diketahui p benar.
a.
Modus
Ponens
1.
Premis
1 : Jika ulangan tidak jadi,
maka murid bersuka ria
Premis
2 : Ulangan tidak jadi
Kesimpulan : Murid bersuka ria
2.
Premis
1 : Jika Alfin berprestasi,
maka ia mendapat beasiswa
Premis
2 : Alfin berprestasi
Kesimpulan : Alfin mendapat beasiswa
3.
Premis
1 : Jika dia seorang siswa
SMP, maka dia berseragam putih biru
Premis
2 : Dia seorang siswa SMP
Kesimpulan : Dia berseragam putih abu
Tabel
kebenaran Modus Ponens
p
|
q
|
p→ q
|
(p→q )á´§ p
|
{(p→q) á´§ p} → q
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
Kesimpulan:
merupakan Tautologi
b.
Modus
Tollens
1.
Premis
1 : Jika hari Selasa kuliah
libur, maka saya mudik ke Kudus
Premis
2 : Saya tidak mudik ke Kudus
Kesimpulan : Hari Selasa kuliah tidak libur
2.
Premis
1 : Jika Tika juara OSN, maka
saya ditraktir makan soto
Premis
2 : Saya tidak ditraktir makan
soto
Kesimpulan : Tika tidak juara OSN
3.
Premis
1 : Jika dia belajar, maka dia
dapat mengerjakan soal
Premis
2 : Dia tidak dapat
mengerjakan soal
Kesimpulan : Dia tidak belajar
Tabel
kebenaran Modus Tollens
p
|
q
|
─p
|
─q
|
p→ q
|
(p→q )á´§ ─q
|
{(p→q) á´§ ─q} → ─p
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
Kesimpulan:
merupakan Tautologi
c.
Modus
Silogisme
1.
Premis
1 : Jika Rani rajin belajar,
maka ia naik kelas VI
Premis
2 : Jika Rani naik kelas VI,
maka ia diberi hadiah
Kesimpulan : Jika Rani rajin belajar, maka ia diberi
hadiah
2.
Premis
1 : Jika ia datang terlambat,
maka ia dihukum
Premis
2 : Jika ia dihukum, maka ia
merasa bersalah
Kesimpulan : Jika ia datang terlambat, maka ia
merasa bersalah
Tabel
kebenaran Modus Silogisme
p
|
q
|
r
|
p→ q
|
q→ r
|
p→ r
|
(p→q ) á´§ (q→r)
|
{(p→q) á´§ (q→r)} → (p→r)
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
#SYUKRON #SEMOGA BERMANFAAT
Comments
Post a Comment