UTS IPS 1

Nama : Era Hami Isnaini
Kelas  : A1-15
NPM  : 15144600039
Prodi  : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Yogyakarta

1.      Pendidikan IPS harus mengembangkan penelaahan atau kajian tentang masyarakat yang dikaitkan dengan pembelajaran dan manfaatnya. Jelaskan pernyataan tersebut!
Jawab:
Pendidikan IPS harus mengembangkan penelaahan/kajian tentang masyarakat yang berkaitan dengan pembelajaran dan manfaatnya. Maksudnya pembelajaran IPS berkaitan dengan segala bentuk kehidupan manusia dalam lingkungannya, dengan segala bentuk perilaku serta sistem kehidupan manusia dalam konteks sosialnya atau manusia itu sendiri sebagai anggota masyarakat. Sehingga dengan adanya pembelajaran IPS diharap mampu memecahkan berbagai masalah yang timbul dalam amsyarakat atau kehidupan manusia. Manfaatnya yaitu mampu berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan memiliki kesadaran, keterampilan serta sikap mental yang positif dalam masyarakat.

2.      Mengapa IPS itu dikatakan terpadu, fusi, integreted terjadi penggabungan dari social sciences atau ilmu-ilmu sosial?
Jawab:
IPS dikatakan terpadu, fusi, integreted terjadi penggabungan dari social sciences atau ilmu-ilmu sosial karena IPS dan ilmu-ilmu sosial itu sangat berhubungan erat. IPS mempelajari tetang segala aspek kehidupan masyarakat, masalah-masalah dalam masyarakat serta bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat atau mempelajari perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari yang smua itu merupakan bagian dari ilmu-ilmu sosial. Yang termasuk dalam ilmu sosial adalah geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi, psikologi dan ilmu politik yang ada pada umumnya merupakan hasil kebudayaan manusia.

3.      Apa yang anda ketahui tentang fakta, konsep, generalisasi dan teori serta hukum dalam IPS dan kemudian sedikit uraikan bagaimana history dari social studies itu sendiri dan tolong berikan contohnya!
Jawab:
-          Fakta: semua peristiwa yang benar-benar terjadi atau kejadian nyata yang terjadi dalam lingkungan sosial. Contohnya adalah woman trafficking, narkoba, perampokan, pengangguran , dan kemiskinan.
-          Konsep: suatu ide atau gagasan yang menggambarkan hubungan antara dua atau lebih fakta seperti konsep “kebutuhan manusia” yang berkaitan dengan berbagai hal misalnya pakaian, makanan, keselamatan, pendidikan.
Contohnya dalam ilmu sejarah terdapat konsep seperti liberalisme dan sosialisme. Di dalam ilmu sosiologi terdapat konsep seperti norma sosial, sosialisasi, dan status sosial. Di dalam ilmu geografi terdapat konsep seperti kawasan, iklim, flora, dan fauna. Di dalam ilmu ekonomi terdapat konsep seperti barang , jasa, pajak, dan konsumen. Di dalam ilmu antropologi terdapat konsep seperti adat, tradisi, dan bahasa. Di dalam ilmu politik terdapat konsep seperti negara, hukum, dan partai politik. Di dalam ilmu psikologi sosial terdapat konsep seperti perilaku sosial, interaksi sosial.
-          Generalisasi: suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual (khusus) menuju simpulan umum yang mengikat seutuh fenomena individual yang diselidiki. Generalisasi merupakan hubungan antara konsep “uag, kebutuhan keinginan”. Contohnya adalah pengangguran yang meningkat karena jumlah penduduk Indoensia yang semakin bertambah.
-          Teori : kerangka yang lebih luas dari fakta-fakta, data-data, konsep-konsep, dan prinsip-prinsip yang saling berhubungan. Contoh: teori meteorologi membantu para ilmuan untuk memahami mengapa dan bagaimana kabut dan awan terbentuk.
-          Hukum: semua aturan yang menyangkut kesusilaan dan ditujukan terhadap tingkah laku manusia dalam suatu masyarakat.
-          Sejarah IPS:
 IPS mulai diterapkan pertama kali dalam dunia pendidikan dasar dan menengah di Amerika Serikat sejak tahun 1915 setelah perang dunia pertama. Para ahli pendidikan di Amerika Serikat pada waktu itu berkesimpulan bahwa pengajaran ilmu-ilmu sosial yang diajarkan secara sendiri-sendiri dalam bentuk disiplin ilmu, seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan lain-lain tidak akan mampu membekali para subyek didik utuk dapat mengenal dan mengerti masalah sosial yang ada disekitarnya. Nama asli IPS di Amerika Serikat adalah “social studies”. Istilah tersebut pertama kali digunaan sebagai nama sebuah komite “Committee of Social Studies” yang didirikan tahun 1913.
4.      Mengapa dalam pembelajaran IPS atau Social Studies anatara jenjang pendidikan dasar dan  pendidikan menengah berbeda bagaimana aktualisasinya  dalam proses pembelajaran coba anda kemukakan menurut pandangan anda masing-masing!
Jawab:
Dalam pembelajaran IPS atau social studies antara jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah berbeda dalam aktualisasi dalam proses pembelajaran, karena ruang lingkup pembelajaran IPS pada setiap jenjang pendidikan harus dibatasi sesuai dengan kemampuan peserta didik tiap jenjang. Pada jenjang pendidikan dasar, ruang lingkup pembelajaran IPS dibatasi sampai pada gejala dan masalah sosial yang dapat dijangkau pada geografi dan sejarah, terutama gejala dan masalah sosial kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekittar peserta didik SD/MI. Pada jenjang pendidikan menengah, ruang lingkup kajian akan diperluas dengan jangkauan pada sosiologi  dan ekonomi. Sedangkan pada jenjang pendidikan tinggi, bobot dan keluasan materi  dan ruang lingkup kajian semakin dipertajam dengan berbagai pendekatan tertentu.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAKALAH PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP

Keunggulan dan Kelemahan Media LKS

RESENSI