UTS IPS 1
Nama : Era Hami Isnaini
Kelas : A1-15
NPM : 15144600039
Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Yogyakarta
1. Pendidikan
IPS harus mengembangkan penelaahan atau kajian tentang masyarakat yang
dikaitkan dengan pembelajaran dan manfaatnya. Jelaskan pernyataan tersebut!
Jawab:
Pendidikan
IPS harus mengembangkan penelaahan/kajian tentang masyarakat yang berkaitan dengan
pembelajaran dan manfaatnya. Maksudnya pembelajaran IPS berkaitan dengan segala
bentuk kehidupan manusia dalam lingkungannya, dengan segala bentuk perilaku
serta sistem kehidupan manusia dalam konteks sosialnya atau manusia itu sendiri
sebagai anggota masyarakat. Sehingga dengan adanya pembelajaran IPS diharap
mampu memecahkan berbagai masalah yang timbul dalam amsyarakat atau kehidupan
manusia. Manfaatnya yaitu mampu berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat
dan memiliki kesadaran, keterampilan serta sikap mental yang positif dalam
masyarakat.
2. Mengapa
IPS itu dikatakan terpadu, fusi, integreted terjadi penggabungan dari social
sciences atau ilmu-ilmu sosial?
Jawab:
IPS
dikatakan terpadu, fusi, integreted terjadi penggabungan dari social sciences atau
ilmu-ilmu sosial karena IPS dan ilmu-ilmu sosial itu sangat berhubungan erat.
IPS mempelajari tetang segala aspek kehidupan masyarakat, masalah-masalah dalam
masyarakat serta bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat atau
mempelajari perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari yang smua itu
merupakan bagian dari ilmu-ilmu sosial. Yang termasuk dalam ilmu sosial adalah
geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi, psikologi dan ilmu politik
yang ada pada umumnya merupakan hasil kebudayaan manusia.
3. Apa
yang anda ketahui tentang fakta, konsep, generalisasi dan teori serta hukum
dalam IPS dan kemudian sedikit uraikan bagaimana history dari social studies
itu sendiri dan tolong berikan contohnya!
Jawab:
-
Fakta:
semua peristiwa yang benar-benar terjadi atau kejadian nyata yang terjadi dalam
lingkungan sosial. Contohnya adalah woman trafficking, narkoba, perampokan,
pengangguran , dan kemiskinan.
-
Konsep:
suatu ide atau gagasan yang menggambarkan hubungan antara dua atau lebih fakta
seperti konsep “kebutuhan manusia” yang berkaitan dengan berbagai hal misalnya
pakaian, makanan, keselamatan, pendidikan.
Contohnya dalam ilmu sejarah
terdapat konsep seperti liberalisme dan sosialisme. Di dalam ilmu sosiologi
terdapat konsep seperti norma sosial, sosialisasi, dan status sosial. Di dalam
ilmu geografi terdapat konsep seperti kawasan, iklim, flora, dan fauna. Di
dalam ilmu ekonomi terdapat konsep seperti barang , jasa, pajak, dan konsumen.
Di dalam ilmu antropologi terdapat konsep seperti adat, tradisi, dan bahasa. Di
dalam ilmu politik terdapat konsep seperti negara, hukum, dan partai politik.
Di dalam ilmu psikologi sosial terdapat konsep seperti perilaku sosial,
interaksi sosial.
-
Generalisasi:
suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual (khusus)
menuju simpulan umum yang mengikat seutuh fenomena individual yang diselidiki.
Generalisasi merupakan hubungan antara konsep “uag, kebutuhan keinginan”. Contohnya
adalah pengangguran yang meningkat karena jumlah penduduk Indoensia yang semakin
bertambah.
-
Teori
:
kerangka yang lebih luas dari fakta-fakta, data-data, konsep-konsep, dan
prinsip-prinsip yang saling berhubungan. Contoh: teori meteorologi membantu
para ilmuan untuk memahami mengapa dan bagaimana kabut dan awan terbentuk.
-
Hukum:
semua aturan yang menyangkut kesusilaan dan ditujukan terhadap tingkah laku
manusia dalam suatu masyarakat.
-
Sejarah
IPS:
IPS mulai diterapkan pertama kali dalam dunia
pendidikan dasar dan menengah di Amerika Serikat sejak tahun 1915 setelah
perang dunia pertama. Para ahli pendidikan di Amerika Serikat pada waktu itu
berkesimpulan bahwa pengajaran ilmu-ilmu sosial yang diajarkan secara
sendiri-sendiri dalam bentuk disiplin ilmu, seperti sejarah, geografi, ekonomi,
dan lain-lain tidak akan mampu membekali para subyek didik utuk dapat mengenal
dan mengerti masalah sosial yang ada disekitarnya. Nama asli IPS di Amerika
Serikat adalah “social studies”. Istilah tersebut pertama kali digunaan sebagai
nama sebuah komite “Committee of Social Studies” yang didirikan tahun 1913.
4. Mengapa
dalam pembelajaran IPS atau Social Studies anatara jenjang pendidikan dasar
dan pendidikan menengah berbeda
bagaimana aktualisasinya dalam proses
pembelajaran coba anda kemukakan menurut pandangan anda masing-masing!
Jawab:
Dalam
pembelajaran IPS atau social studies antara jenjang pendidikan dasar dan
pendidikan menengah berbeda dalam aktualisasi dalam proses pembelajaran, karena
ruang lingkup pembelajaran IPS pada setiap jenjang pendidikan harus dibatasi
sesuai dengan kemampuan peserta didik tiap jenjang. Pada jenjang pendidikan
dasar, ruang lingkup pembelajaran IPS dibatasi sampai pada gejala dan masalah
sosial yang dapat dijangkau pada geografi dan sejarah, terutama gejala dan
masalah sosial kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekittar peserta
didik SD/MI. Pada jenjang pendidikan menengah, ruang lingkup kajian akan
diperluas dengan jangkauan pada sosiologi
dan ekonomi. Sedangkan pada jenjang pendidikan tinggi, bobot dan
keluasan materi dan ruang lingkup kajian
semakin dipertajam dengan berbagai pendekatan tertentu.
kak bisa minta sumberreferensinya gak
ReplyDelete