CONTOH PIDATO PERPISAHAN UNTUK TEMAN PURNA TUGAS

 

Hallo semuaa, kali ini kami akan menulis contoh pidato untuk ditujukan kepada teman yang purna tugas di instansi pendidikan. Sebelum masuk ke contoh, saya akan mengulas apa saja kerangka pidato yang baik.

Menurut KBBI, pidato adalah sebuah pengungkapan pikiran ke dalam bentuk kata-kata. Pidato ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, pidato adalah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

  • Tujuan Pidato yaitu (1) memberikan sapaan; (2) memberikan informasi; (3) mempengaruhi para pendengar.
  • Jenis-jenis pidato: (1) pidato informatif; (2) pidato argumentatif; (3) pidato rekreatif; (4) pidato persuasif.
  • Struktur Teks Pidato: (1) Bagian pembukaan, ada 4 bagian yaitu salam pembuka, ucapan berupa penghormatan, ucapan berupa rasa syukur, dan pengantar ke arah topik utama; (2) Bagian Isi yaitu isi dari pidato yang akan disampaikan harus berisi mengenai informasi yang penting. Isi pidato tersebut sebaiknya juga disertai dengan alasan yang meyakinkan.(3) Bagian Penutup yaitu  berisi kesimpulan berdasarkan hal-hal yang sudah disampaikan. Selain itu, juga perlu menyampaikan permintaan maaf mengenai kesalahan-kesalahan yang sekiranya dilakukan selama berpidato. Setelah itu, pembicara bisa menyampaikan terima kasih dan salam penutup.

Berikut adalah contohnyaa yaaa, silahkan :)


Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Bapak .... selaku kepala ....
Yang kami hormati bapak ibu guru dan staff Tata Usaha... serta yang kami cintai dan kami banggakan seluruh siswa siswi....

Puji serta syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmatNya yang dilimpahkan kepada kita semua.

Di pagi hari yang cerah ini, kita dapat berkumpul dan bertatap muka dalam acara perpisahan Ibu ....

Sholawat serta salam tentunya senantiasa tetap tercurah limpahkan kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW yang selalu saja kita nantikan syafaatnya di yaumul kiyamah.

 

Seluruh hadirin yang berbahagia.

Pada kesempatan ini, tentunya kita tahu betul bahwa pada pagi hari ini merupakan salah satu hari yang berat yang mau tidak mau harus kita lalui.

Hari ini tentunya merupakan hari terakhirnya kita semua untuk bertatap muka dengan Ibu... di sekolah ini yang selama ini dengan sepenuh hati telah mendampingi siswa-siswi.... hal ini dikarenakan Beliau Alhamdulillah telah lulus purna tugas.

Banyak sekali kenangan-kenangan manis yang telah beliau berikan kepada kita selama mengajar di sekolah kita ini. Atas beliau pula, khususnya siswa siswi telah mendapatkan ilmu bermanfaat yang tak ternilai jumlahnya. Disini saya mewakili sekolah mengucapkan banyak terima kasih yang sedalam dalamnya.

Bapak-ibu guru beserta seluruh peserta didik yang selalu saya cintai dan saya banggakan.

Tentunya kami disini juga mendoakan kepada Ibu .... semoga selalu diberi kelancaran dan kemudahan disetiap langkahnya. Selalu dalam lindungan Allah dan diberi rejeki yang berlimpah berkah serta nikmat sehat. Aamiin.

Kami mohon kepada Ibu .... meskipun panjengan purna tugas, nantinya kita tetap bertemu, jangan pernah melupakan kami disini. jika kita nantinya tidak dapat bertemu secara langsung, namun dengan kecanggihan teknologi yang ada sekarang, tali silaturahmi antara kita semua masih dapat terjalin dengan mudah. sehingga tentunya hal ini tidak dapat kita jadikan sebagai moment untuk memutus tali silaturahmi.

kami sadar betul bahwa kami semua seringkali melakukan banyak kesalahan, untuk itu kami semua mohon maaf yang sebesar-besarnya. Karena kita semua tahu bahwa kita hanyalah manusia biasa yang tidak akan pernah luput dari yang namanya salah dan juga dosa.

 

warga .... yang berbahagia.

Demikian hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah kata. Semoga kita semua senantiasa diberi kelancaran kemudahan segala hal dan umur yang barokah.

Aamiin Yaa Rabbalalamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

APRESIASI SENI LUKIS SESUAI PRINSIP-PRINSIP SENI RUPA

MAKALAH PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP

Keunggulan dan Kelemahan Media LKS